Kalender pendidikan
  • 12 Agustus 2017
    Sosialisasi Rujukan dan SKS
  • 19 Agustus 2017
    IHT Pengembangan RPP
  • 17 Agustus 2017
    HUT Proklamasi RI ke 72 tahun 2017
  • 1 September 2017
    Idul Adha
  • 4 - 8 September 2017
    MGMP Sekolah
  • 9 September 2017
    Workshop Penulisan Soal HOTS
  • 16 September 2017
    Workshop UKBM SKS
  • 8-29 September 2017
    Pendalaman Materi UN kelas XII
  • 19-20 September 2017
    Try Out UN 1
  • 4-20 September 2017
    Supervisi Akademik dan PKG
[ Next ] [ Bottom ]
Kontak Kami
an image
SMAN 12
Jl. Pertanian Klender Jakarta Timur 13470
Email
: -
Telpon : 021 - 8615180
Fax : 021 - 86611827
   SMA Negeri 12 Jakarta
   Insan religius yang unggul prestasi akademik,
   luhur budi pekerti,
   serta luas dalam wawasan
BERITA
SMOOVE (Seminar Moeslimah Of Twelve)
30 March 2017, 11:00 - admin

Rohani Islam (Rohis) SMAN 12 Jakarta bersama dengan OSIS/MPK SMAN 12 Jakarta melaksanakan seminar keputrian atau yang lebih dikenal dengan nama SMOOVE (Seminar Moeslimah Of Twelve), Sabtu 4 Maret 2017, Pkl. 07.15 – 12.30 WIB, di Gedung C Kantor Walikota Jakarta Timur Jln Sentra Timur Pulo Gebang. Seminar yang mengusung tema muslimah cantik, gaul, dan berakhlak mulia tersebut dihadiri lebih dari 150 remaja muslimah. Dengan narasumbernya Ustz. Lulu dan Bella Almira. Serta penampilan special dari Tradolve SMAN 12 Jakarta.
“Acaranya keren, pembicaranya juga bagus – bagus. Pemilihan tempatnya yang luas juga tepat ditambah dengan dekorasi yang lucu,” komentar salah seorang peserta yang berasal dari SMAN 14 Jakarta.

Materi yang diberikan kedua pembicara memang cukup menarik. Keduanya sama – sama menjelaskan bagaimana seharusnya seorang muslimah di kehidupan sehari – harinya.
Berikut sedikit ringkasan materi yang disampaikan oleh tiap pembicara.
Materi pertama di sampaikan oleh Ustz. Lulu Susanti. Beliau menyampaikan bahwa kita –manusia- telah diciptakan oleh Allah swt. dengan sebaik – baiknya dalam Q.S A –Tin ayat 4. Dan hendaknya kita selalu berbuat kebaikan dalam hidup, karena sesungguhnya amal kebaikan tersebut nantinya akan memancar dalam hati, dan membersitkan sinar ke wajah kita, seperti dalam hadist :
“Sesungguhnya amal kebaikan itu akan memancarkan cahaya dari dalam hati, membersitkan wajah, kekuatan pada tubuh, kelimpahan rezeki, dan menumbuhkan rasa cinta manusia padanya.” (H.R Ibnu Abbas)
Ustadzah Lulu juga membuat singkatan yang menarik dan mudah diingat tentang muslimah, yaitu PESONA. Kepanjangan dari apa sajakan PESONA itu?

 P = Personal Identification
 E = Education
 S = Soft Supervisor
 O = Observer
 N = Near Friend
 A = Advisor

Salah satu pembahasan mengenai PESONA ialah menjadikan Al Qur’an dan Hadits sebagai pedoman dalam kehidupan. Perumpamaannya seperti disaat kita membeli sebuah TV tentu saja mendapat buku paduan, di saat kita membeli kulkas tentu saja juga mendapat buku panduan pemakaiannya. Lalu bagaimana jika kita ingin menggunakan TV tetapi kita membaca buku panduan cara memakai kulkas, tentu saja tidak selaras bukan? Kurang lebih seperti itulah kita dalam menjadikan Al Qur’an dan Hadits sebagai panduan di dunia juga akhirat.

Beberapa kejadian menarik terjadi saat Ustz.Lulu menyampaikan materi. Salah satunya Ustz. Lulu menantang peserta untuk sambung ayat dengannya. Wahh.. begitu menarik bukan? Dan salah seorang peserta mengajukan dirinya ke atas panggung menerima tantangan Ustz. Lulu. Di akhir acara ada seseorang yang menyapa peserta. Seseorang itu ialah Inayah. Siapa yang tidak kenal Inayah ? Boneka tersebut selalu menemani Ustz. Lulu ke berbagai kegiatan, beruntungnya kemarin Inayah juga ikut serta mengahadiri SMOOVE..

Sebelum memasuki pemateri kedua ada penampilan special dari Tradolve SMAN 12 Jakarta. Sekilas tentang Tradolve (Traditional Dance of Twelve) ini adalah ekskul tari tradisional saman. Dan Tradolve 12 ini telah memenangkan berbagai juara Rateoh Jaro loh. Salah satunya juara 3 Gala Breeze di UI.

Pemateri kedua ialah Bella Almira. Siapa yang tak kenal sosoknya kini? Selepas keluar sebagai pemenang di acara Sunslik Hijab Hunt tahun 2015 lalu namanya kian meruak di publik, terutama di kalangan remaja baik akhwat maupun ikhwan. Bella banyak bercerita tentang bagaimana pengalaman hijrahnya serta pengalaman dirinya sebelum mengikuti Sunslik Hijab Hunt.
Gadis kelahiran 1998 ini bercerita tentang masa labil SMPnya, yang dulu masih buka tutup kerudung. Menariknya Bella ini memiliki cita – cita yang salah satunya menjadi seorang Ustadzah, wah bagaimana ya jika seorang Ustadzah buka – tutup hijab. Ditengah dilemmanya saat itu mengenai sikap yang di perlukan agar sejalan dengan cita – citanya, Bella juga sedang bingung di sekolah manakah ia akan melanjutkan pendidikan nantinya. MAN 4 boarding school Jakarta, atau SMAN 28 Jakarta yang juga menjadi sekolah impiannya sedari SMP. Pada akhirnya, setelah ia berkonslutasi dengan kedua orang tuanya, Bella memilih melanjutkan sekolah di MAN 4 boarding school Jakarta dengan harapan dirinya bisa mendalami islam dengan lebih baik lagi dan dapat sejalan dengan salah satu cita – citanya, yakni menjadi seorang Ustadzah.
Ditengah kesibukannya sebagai seorang pelajar, Bella Almira penyuka pelajaran Matematika ini pernah mengalami dilemma sebelum mengikuti audisi Sunslik Hijab Hunt. Bella awalnya melihat audisi tersebut di sebuah portal berita, namun sayang umurnya saat itu belum memenuhi persyaratan. Tahun berikutnya dia kembali mencari informasi mengenai audisi Sunslik Hijab Hunt, dan tentunya dengan umur yang sudah memenuhi persyaratan. Namun, lagi – lagi dilemma menghampirinya, disaat umurnya sudah 17 tahun, di tahun itu pula dirinya sudah duduk di kelas 12 yang artinya Bella harus memfokuskan diri untuk Ujian nanti. Dengan mengikuti saran dari ibunya, Bella akhirnya memutuskan untuk mengikuti audisi Sunslik Hijab Hunt. Yang menarik lagi, saat mengikuti audisi, Bella hanya bernampilan sederhana ala – ala anak santri dengan sedikit polesan make-up, berbeda dengan Bella sekarang yang begitu stylish & catchy .
Bella Almira ternyata disaat perlombaan Sunslik Hijab Hunt juga pernah bernazar. Dirinya bernazar jikalau dia lolos Bella akan mengaji untuk Ibunya. Dan Alhamdulillah, berkat nazar tersebut diiringi dengan niat yang baik, Bella Almira berhasil lolos Sunslik Hijab Hunt dan keluar sebagai pemenang.
Sungguh menginspirasi bukan pengalaman Bella Almira?
Bella Almira juga berbaik hati men¬-tutorial¬kan peserta seminar bagaimana hijab yang simple namun tetap syar’i.
Acara diakhiri dengan pembagian doorprize untuk peserta seminar yang datang lebih awal serta yang dipilih dengan nomor acak.